TAG

Aksi Hugo Barra Preteli Xiaomi Mi4i di Jakarta

Tanpa ragu-ragu, mantan eksekutif Google itu membongkar gadget andalan terbaru Xiaomi.

Rabu, 20 Mei 2015 | 14:03 WIB

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com (kanan) Vice President Xiaomi Global Hugo Barra membongkar Mi4i di hadapan media

Vice President Xiaomi Global Hugo Barra mempreteli ponsel Mi4i yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Saat beraksi, dia menunjukkan "jeroan" ponsel jagoan mereka, mulai dari komponen layar hingga ukuran motherboard.

"Saya akan membuka sekrup ponsel ini menggunakan obeng. Setelah membongkarnya, kita akan susun lagi dan melihat apakah ponsel ini masih berfungsi," ujarnya seraya memutar sekrup-sekrup pada ponsel Mi4i, Selasa (20/5/2015) sore.

Kemudian Hugo menunjukkan bahwa ponsel Mi4i memiliki dua motherboard terpisah. Satu motherboard utama diletakkan di bagian atas sebagai wadah prosesor, port audio dan slot kartu SIM. Satu motherboard tambahan diletakkan di bawah sebagai wadah port USB dan speaker.

Tujannya menggunakan dua motherboard ini adalah memisahkan port USB dan speaker sehingga saat suara keluar, kamu akan bisa mendengarnya lebih jelas.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Vice President Xiaomi Global Hugo Barra menunjukkan motherboard ponsel Mi4i

"Ini adalah PCB utama, dan di bawahnya adalah PCB kedua. Kami membuatnya terpisah karena ingin memastikan port USB dan speaker ada di bawah. Jika menggenggam ponsel maka suara yang keluar dari speaker akan memantul di tangan jadi pengguna bisa mendengarnya," terang Hugo.

"Kami menggunakan quick release connector. Biasanya ponsel dibuat dengan menyolder bagian ini, tapi kami memilih quick relesase. Harganya memang lebih mahal, tapi ini membuat desain kami jadi lebih bagus," lanjutnya sambil melepas kabel penghubung kedua motherboard Mi4i.

Membuat ponsel dengan dua motherboard, menurut Hugo, bisa berpengaruh pada ongkos produksi yang lebih mahal. Meskipun begitu efek positifnya adalah kualitas yang lebih baik, misalnya dari sisi suara yang dihasilkan speaker.

"Ada banyak manufaktur yang meletakkan speaker dan USB di bagian atas, hal itu memang bisa menghemat biaya produksi karena motherboard yang digunakan hanya satu dan tidak perlu menyematkan kabel penghubung. Tapi menurut kami itu tidak baik dari sisi ergonomis," jelas pria kelahiran 28 Oktober 1976 ini.

Menurut pendapatnya, salah satu tantangan terbesar saat merancang bagian dalam sebuah ponsel adalah membuat ruangan yang pas untuk baterai. Kalau baterainya dibuat tipis, maka dimensinya harus panjang sehingga kapasitasnya dapat tetap mencukupi.

Baterai Mi4i sendiri dibuat cukup tipis dengan kapasitas 3120 mAh, sedikit lebih besar dibanding Mi4. Secara dimensi, Mi4i pun lebih tipis karena punya ketebalan 7,8 milimeter dibandingkan Mi4 yang setebal 8,9 milimeter.

Salah satu kunci membuat kapasitas baterai tersebut lebih besar adalah dengan menggunakan motherboard utama yang lebih kecil. Hugo pun menunjukkan bahwa motherboard Mi4i lebih kecil dibanding Mi4, sehingga mereka punya ruang lebih luas untuk meletakkan baterai.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Perbandingan antara motherboard utama ponsel Xiaomi Mi4 (kiri) dengan Mi4i (kanan)

"Karena menggunakan motherboard berukuran kecil, kami mendapat ruang lebih luas untuk meletakkan baterai berkapasitas lebih besar. Kami ingin menyematkan baterai yang tenaganya lebih dari 3.000 mAh," terangnya.

Selanjutnya Hugo menunjukkan lempengan layar yang digunakan pada Mi4i. Layar ini adalah kunci berikutnya untuk menjaga agar ponsel tersebut bisa tetap tipis.

"Layar yang lebih tipis harganya lebih mahal. Mudahnya, Anda cukup membeli layar yang paling mahal agar bisa membuat perangkat lebih tipis," ujarnya.

Layar Xiaomi Mi4i tersebut terdiri dari pelapis yang menyatu dengan panel sentuh. Bagian ini kemudian ditumpuk dengan LCD dan sebuah panel backlit di bawahnya.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Vice President Xiaomi Global Hugo Barra menunjukkan komponen layar ponsel Mi4i

"Benda yang saya pegang ini adalah layar yang menyatu dengan panel sentuh dalam unit tunggal. Tepat di bawahnya adalah LCD, kemudian di bawahnya lagi backlit panel. Semuanya itu hanya 1,7 milimeter, hanya sedikit lebih tebal dibanding kartu kredit," terang Hugo.

"Kami membayar mahal untuk menggunakannya. Harganya bisa beberapa kali lipat dibanding layar 720p tanpa laminasi. Lempengan layar saja bernilai sekitar 40 persen dari harga ponsel ini," tutupnya.

Buat kamu yang masih penasaran seperti apa bagian dalam Xiaomi Mi4i, berikut ini beberapa foto lain yang dipotret Nextren dari acara yang sama:

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Motherboard utama milik Xiaomi Mi4i digunakan untuk meletakkan prosesor dan slot SIM
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Baterai dalam Xiaomi Mi4i dibuat oleh Sony dan memiliki kapasitas 3120 mAh
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Motherboard utama dan motherboard kedua Xiaomi Mi4i dihubungkan memakai sebuah kabel fleksibel
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor: Wicak Hidayat

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB