TAG

Bingung Biaya Nikah? Aplikasi Lokal Ini Bisa Sediakan Dana

Menikah adalah tujuan sebuah tujuan hidup yang kadang tertunda karena tak punya dana. Wedlite ingin menumpas masalah tersebut. Bagaimana caranya?

Sabtu, 29 Agustus 2015 | 11:53 WIB

Wedlite Wedlite



Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, pernikahan tak ubahnya tahapan sakral. Seyogyanya, mahligai tersebut dijalani hanya dengan satu orang seumur hidup.

Karena direncanakan hanya satu kali, pernikahan dalam budaya timur kerap direfleksikan dengan pesta besar-besaran. Masalahnya, tak semua orang mampu mengeluarkan biaya pernikahan seabrek.

Alhasil, beberapa pasangan memilih menjual aset seperti motor, mobil bahkan tanah untuk menghimpun dana. Bagi yang tak punya aset, akhirnya harus rela menunda pernikahan sembari menabung dalam jangka waktu tak sebentar.

Kegalauan yang lekat dengan masyarakat mayoritas Indonesia ini ingin ditumpas oleh sebuah startup digital bertajuk "Wedlite". Didirikan sejak awal 2015, startup ini beritikad memberi solusi pinjaman biaya pernikahan hingga jangka tiga tahun.

"Kami ingin mengeliminasi kekhawatiran keuangan bagi pasangan muda yang ingin menikah," kata pendiri Wedlite, Abraham Viktor, saat mengunjungi kantor Nextren beberapa waktu lalu.

Bisa cepat dan praktis

Diharapkan, tak ada lagi pasangan yang harus menggadaikan aset atau menunda pernikahan hanya karena kurang dana. Pengajuan pinjaman pun dikatakan lebih mudah karena semuanya dilakukan secara online lewat situs resmi Wedlite.

Pertama-tama, pelamar pinjaman diminta mendaftar dan mengisi formulir online. Adapula dokumen-dokumen yang perlu disertakan. Antara lain KTP, Kartu Keluarga, PBB (bila ada), slip gaji, buku tabungan tiga bulan terakhir dan BPKB mobil atau motor.

"Untuk isi formulir itu paling cuma butuh waktu 5 hingga 10 menit. Nggak perlu lewat birokrasi berbelit," Abraham berujar.

Sebagai jaminan pinjaman, ada tiga tipe aset yang bisa kamu ajukan. Yakni mobil, motor dan bangunan (rumah atau ruko). Kamu juga bisa menentukan besar pinjaman tanpa ada batasan angka.

Lama pinjaman bisa kamu tentukan, asal tak lebih dari tiga tahun. Setelah itu, Wedlite akan merumuskan cicilan per bulan yang harus kamu bayar sesuai dengan besar dan lama pinjaman.

Wedlite mematok suku bunga sekitar 1 persen. Jika formulir online sudah rampung, kamu cukup menunggu panggilan dari tim surveyor Wedlite.

Tim itu akan menghubungi kamu untuk mengatur jadwal survey. Segera setelah melewati tahapan ini dan kamu dinyatakan lulus survey, dana bakal cair melalui formulir pencairan di situs Wedlite.

"Pinjaman KTA saya hanya dicairkan Rp 10 juta dari Rp 80 juta yang saya ajukan. Lalu Wedlite mencairkan 100 persen dari jumlah yang saya minta hanya dalam dua hari," begitu testimoni seorang salesman bernama Rahmat.

Pinjaman pasca menikah

Setelah Wedlite, Abraham pun kini mengembangkan Taralite. Visi kedua startup sama, yakni memberi solusi pinjaman untuk tujuan hidup masyarakat yang membutuhkan dana besar.

Bedanya, Taralite berfokus memberi pinjaman pada tahapan pasca menikah. Misalnya untuk istri melahirkan, renovasi rumah, pendidikan anak, umroh dan kredit usaha.

"Habis menikah kebutuhan dana besar belum selesai. Bahkan baru dimulai. Nah makanya ada juga Taralite," Abraham menjelaskan. Mekanisme pendaftaran, survey, hingga pencairan dana pada Taralite juga serupa dengan Wedlite. 

Wedlite dan Taralite setidaknya menunjukkan usaha mendatangkan solusi untuk salah satu kegalauan masyarakat Indonesia. Dalam pengembangannya, Wedlite saat ini diinkubasi oleh Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI) yang didirikan Ciputra.

Selain menikah, tentunya masih banyak kegalauan-kegalauan masyarakat yang lain. Mungkin kamu bisa punya ide penyelesaiannya?

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Oik Yusuf
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB