TAG

Stasiun TV Ini Siaran Cuma Pakai iPhone dan Tongsis

Sebuah stasiun TV di Swiss mengganti peralatan kamera yang berat dengan iPhone dan tongsis untuk melakukan reportase di lapangan.

Kamis, 1 Oktober 2015 | 14:31 WIB

Laura Keller/LĂ©man Bleu Seorang reporter stasiun TV Leman Bleu merekam siaran dengan iPhone yang terpasang di tongsis

Ketimbang harus mengerahkan cameraperson berikut perlengkapan kamera yang besar dan berat, sebuah stasiun TV di Swiss memilih untuk membekali reporter di lapangan dengan iPhone 6 dan tongsis.

Dengan begini, para reporter stasiun TV bernama Leman Bleu itu bisa melaporkan persitiwa dari lokasi secara mandiri, hanya bermodal dua alat tadi dan sebuah mikrofon.

“Tujuan kami adalah mencari kepraktisan dan respon cepat, tapi ini juga mengurangi ongkos produksi,” sebut direktur berita Leman Bleu, Laurent Keller, sebagaimana dirangkum Nextren dari PetaPixel, Kamis (1/10/2015).

Keller mengatakan bahwa kualitas rekaman video iPhone 6 tak kalah dari kamera TV standar. Ditambah lagi, penghematan biaya adalah hal penting buat stasiun TV regional seperti Leman Bleu.

Leman Bleu mulai menyalurkan kit iPhone 6 dan tongsis kepada para reporternya mulai pertengahan tahun ini. Sekarang stasiun TV yang hanya mengudara beberapa jam setiap hari itu dilaporkan sudah 100 persen beralih ke iPhone.

Leman Bleu terinspirasi beralih ke iPhone dan tongsis setelah sebelumnya melihat stasiun TV lain di Skandinavia melakukan hal yang sama.

Bukan cuma media elektronik seperti stasiun TV dan portal online yang tertarik menggunakan gadget, media cetak tradisional pun ikut serta.

Pada 2013, misalnya, koran Chicago Sun-Times mulai melatih para jurnalisnya memakai kamera iPhone untuk menggantikan peran fotografer tradisional.

Penulis: Oik Yusuf
Editor: Oik Yusuf
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB