TAG

Main Gadget Ternyata Bisa Berdampak Positif Bagi Anak

American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan pernyataan bahwa berlama-lama main dengan gadget bisa dibuat aman untuk anak.

Jumat, 9 Oktober 2015 | 07:10 WIB

Lifehackers Anak-anak bermain dengan gadget.
American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan pernyataan bahwa anak-anak bisa aman dari dampak negatif meski lama bermain dengan gadget atau menonton TV, asal tetap ada aturannya.

Pernyataan tersebut bertentangan dengan pernyataan AAP sebelumnya yang menyatakan layar televisi dan media baru termasuk ponsel, tablet dan jejaring sosial berbahaya bagi anak-anak.

Efek negatif media-media tersebut memang ada dan diakui oleh AAP, namun mereka juga mengingatkan bahwa efek positif bermain dengan gadget atau menonton televisi itu juga ada.

Menonton televisi berlama-lama memang tidak baik bagi anak-anak, namun mereka juga tidak bisa dilarang bermain game di smartphone atau tablet, Skyping dengan kakek-nenek mereka, atau berkomunikasi dengan teman-temannya.

Dikutip Nextren dari Life Hackers, Kamis (8/10/2015), AAP saat ini masih menggodok panduan bagi dokter anak dan orang tua, tentang bagaimana seharusnya aturan screen time (waktu yang dihabiskan untuk menatap layar) diberlakukan bagi anak-anak.

Beberapa panduan tersebut termasuk berlakunya aturan yang sama bagi anak-anak baik di dunia nyata maupun virtual, seperti memberikan batasan lama bermain.

Selain itu, konten yang dikonsumsi oleh anak-anak juga harus diperhatikan. AAP mengatakan kualitas konten lebih penting dibandingkan platform yang dipakai atau waktu yang dihabiskan dengan media tersebut.

AAP juga mengatakan hubungan yang dijalin lewat media online juga merupakan bagian dari proses pendewasaan.

"Media sosial bisa mendukung pembentukan identitas seseorang, namun orang tua harus mengajarkan cara berperilaku yang baik dalam dunia nyata maupun online," demikian pernyataan AAP.
Penulis: Reska K. Nistanto
Editor: Oik Yusuf
Sumber: Lifehacker
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB