TAG

Gadget Android Bakal Bisa Jalankan Aplikasi Windows

Aplikasi Windows sebentar lagi akan bisa dipakai di berbagai perangkat bersistem operasi Android, menggunakan CodeWeaver dan Wine.

Jumat, 9 Oktober 2015 | 15:56 WIB

Talkandroid ilustrasi
Aplikasi Windows sebentar lagi akan bisa dipakai di berbagai perangkat bersistem operasi Android. Hal ini berkat sebuah lapisan kode khusus hasil pengembangan perusahaan CodeWeaver dan Wine versi Android.

CodeWeaver merupakan perusahaan pembuat teknologi CrossOver, yang memungkinkan aplikasi atau game dari Windows bisa digunakan di sistem operasi Linux dan Mac OS X.

Sedangkan Wine merupakan proyek kode pemrogaraman open source yang melandasi teknologi CrossOver dan dikembangkan atas dukungan dana dari CodeWeaver. Proyek tersebut pertama kali muncul dan mulai dikerjakan sejak beberapa tahun silam.

Sebagaimana dilansir Nextren dari PC World, Jumat (9/10/2015), CodeWeaver berencana merilis preview teknologi CrossOver untuk Android sebelum tahun ini berakhir.

Kendati disebut membuat Android bisa menjalankan aplikasi Windows, teknologi CrossOver memiliki syarat-syarat tertentu. Antara lain, hanya Android x86 atau menggunakan prosesor Intel dan AMD saja yang bisa menggunakannya.

Android lain yang menggunakan sistem ARM tidak akan bisa memanfaatkan teknologi ini. Alasannya, Windows kebanyakan kode biner Windows berupa aplikasi x86 atay x64 yang tidak cocok diterapkan di sana.

Kemudian ada juga kekhawatiran tertentu soal kelancaran kinerja aplikasi Windows di Android. Masalahnya, kebanyakan aplikasi Windows dirancang untuk dioperasikan menggunakan keyboard atau mouse, bukan layar sentuh.
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor: Oik Yusuf
Sumber: PC World
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB