TAG

Terbukti, Browser Chrome Paling Boros Baterai

Pengujian sejumlah browser internet mengindikasikan bahwa Chrome merupakan peramban paling rakus daya. Bagaimana dengan yang lainnya?

Kamis, 22 Oktober 2015 | 13:16 WIB

GeekInsider.com Ilustrasi
Lima aplikasi peramban internet (browser) versi desktop diuji untuk mengetahui konsumsi baterai yang dibutuhkan. Ternyata, dari semua browser yang diuji tadi, Google Chrome menjadi yang paling rakus daya.

Pengujian yang dilakukan oleh Digital Citizen tersebut menggunakan tiga laptop berbeda yang menjalankan sistem operasi Windows 10. Mereka dipasangi dengan browser populer, seperti Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer, dan Microsoft Edge.

Google Chrome menjadi yang paling boros baterai di ketiga laptop yang dipakai utnuk menguji, yaitu Asus ZenBook UX305F, Microsoft Surface Pro 3, dan Toshiba Portege Z20t-B.

Browser Chrome membuat baterai ketiga laptop di atas cepat habis dalam waktu masing-masing 206 menit, 152 menit, dan 282 menit.

Sementara browser Internet Explorer bawaan Windows menjadi yang paling hemat baterai di ketiga laptop, mencatatkan waktu 264 menit, 211 menit, dan 313 menit di ketiga laptop di atas secara berurutan.

Secara garis besar, Internet Explorer menjadi yang paling irit baterai di ketiga laptop tadi, disusul kemudian oleh browser baru Microsoft Edge, Firefox, dan opera.

"Berdasar pengujian kami, Internet Explorer dan Microsoft Edge adalah browser pilihan terbaik untuk menghemat baterai laptop," ujar Digital Citizen seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Rabu (21/10/2015).

Namun, Digital Citizen juga menekankan konsumsi baterai juga dipengaruhi oleh intensitas masing-masing browser saat dipakai.

Teknisi Google sendiri belum lama ini juga mengakui kalau Chrome memang boros baterai, mereka pun berjanji untuk memperbaikinya.

Hasil pengujian Digital Citizen secara penuh bisa dilihat di tautan berikut ini.
Penulis: Reska K. Nistanto
Editor: Oik Yusuf
Sumber: BGR
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB