TAG

HTC Klaim Apple Jiplak Desain "Smartphone" One

HTC mengklaim, iPhone 6 yang menjiplak desain dari smartphone milik HTC.

Senin, 26 Oktober 2015 | 11:23 WIB

The Verge HTC One A9 (tengah) disandingkan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus
Smartphone Android One A9 baru saja dirilis oleh HTC beberapa waktu lalu. Peluncurannya berjalan kurang mulus sebab perangkat tersebut dikatakan sangat mirip dengan iPhone 6s, smartphone buatan Apple.

Lantas, bagaimana pendapat HTC perihal itu? Sebagaimana Nextren rangkum dari MacRumors, Senin (26/10/2015), HTC membantah klaim yang menyatakan bahwa One A9 menjiplak desain dari iPhone.

Dalam sebuah acara di Taiwan, salah satu petinggi HTC, Jack Tong, menuduh bahwa Apple yang sebenarnya menjiplak desain smartphone HTC, bukan sebaliknya. Ada dua seri smartphone yang dituduhkan dijiplak oleh Apple, yakni One M7 dan M8.

Sebagai buktinya, dua smartphone seri terdahulu HTC itu dirilis terlebih dahulu dibanding iPhone 6.

"Kami tidak menjiplak. Kami membuat sebuah ponsel unibody berbahan metal pada 2013. Apple yang menjiplak kami untuk bagian desain antena di bagian belakang," kata Tong.

"A9 dibuat lebih tipis dan ringan dari ponsel metal kami sebelumnya. Ini merupakan perubahan dan evolusi, dan kami tidak menjiplak," ujarnya.

HTC One M7 dirilis pada tahun 2013 lalu dengan cangkang unibody berbahan metal serta garis antena plastik di bagian atas dan bawah perangkat. Garis antena plastik itulah yang dipermasalahkan oleh Tong.

Sementara itu, garis antena itu baru muncul di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 18 bulan setelah M7. Desain ini kemudian berlanjut ke iPhone 6s.

HTC One A9 sendiri dituduh menjiplak desain iPhone 6 karena memiliki kesamaan pada segi sudut yang membulat, garis antena plastik, pilihan warna yang tidak jauh berbeda, dan peletakan speaker di bagian paling bawah dekat charging port.

Hingga saat ini, Apple memang tidak berkomentar apa-apa perihal One A9. Langkah hukum tampaknya juga tidak akan diambil oleh Apple.
Penulis: Deliusno
Editor: Deliusno
Sumber: MacRumors
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB