TAG

5 Aplikasi Android Ini Bisa Hasilkan Foto RAW

Kamera ponsel juga bisa dipakai menghasilkan foto berformat RAW, namun mesti menggunakan aplikasi tambahan seperti yang ada dalam daftar berikut ini.

Selasa, 27 Oktober 2015 | 14:33 WIB

Malik Afrian/KOMPAS.com Gunakan smartphone yang memiliki kamera berkualitas untuk menangkap momen berharga saat traveling.
Biasanya, hasil pemotretan kamera ponsel Android berformat JPEG sudah mengalami kompresi. Akan tetapi, kamu sebenarnya masih bisa mendapatkan foto berformat RAW menggunakan kamera ponsel, asalkan menggunakan aplikasi tertentu.

Foto berformat RAW merupakan yang paling sering dipakai oleh para fotografer. Pasalnya ini adalah file yang paling murni, langsung berasal dari sensor tanpa mengalami kompresi apapun.

RAW jarang digunakan di kamera ponsel karena ukuran file yang cenderung besar sehingga memakan banyak memori. Selain itu, tidak semua aplikasi bisa digunakan untuk membuka foto berformat tersebut.

Untungnya, Android Lollipop 5.0 ke atas telah dibekali kemampuan untuk memproses file DNG, yang masih sama-sama RAW.

Agar bisa memanfaatkannya, seperti dilansir Nextren dari Phone Arena, Selasa (27/10/2015), pengguna cukup memotret menggunakan salah satu dari lima aplikasi berikut ini.

1. Manual Camera

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini membuat kamera ponsel bisa diatur secara manual. Mulai dari ISO, shutter speed, white balance, fokus, dan exposure.

Namun perlu dicatat, tidak semua ponsel Android cocok dengan aplikasi ini. Sebaiknya cek dulu kecocokannya sebelum mengunduh karena Manual Camera harus dibeli dengan harga 2,99 dollar AS atau sekitar Rp 40.000.

Cek kecocokan aplikasi ini dengan ponsel Anda menggunakan aplikasi di tautan ini. Bila sudah cocok dan ingin mengunduhnya, klik tautan ini.

2. Camera FV-5

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Camera FV-5 menekankan pada pengoperasian manual layaknya kamera DSLR. Sebagai tambahan ada juga mode Progam dan Speed priority.

Ada dua versi yang beredar, yaitu Camera FV-5 Lite (tidak bisa menyimpan format RAW) dan Camera FV-5 seharga 3,95 dollar AS atau sekitar Rp 53.000.

3. AZ Camera

AZ Camera punya fungsi yang sama, yaitu untuk memperoleh kendali manual terhadap kamera ponsel. Perbedaannya, aplikasi ini memakai metode in-app purchase.

Kamu bisa mendapatkan foto dalam format RAW gratis, tapi untuk merasakan fitur lain yang lebih canggih mesti membayar dengan biaya tertentu. Misalnya untuk fitur unlimited video recording, bracketing, dan live histogram.

Bila ingin mengunduhnya, bisa melalui tautan ini.

4. A Better Camera

Aplikasi ini bisa memotret dengan format RAW, tapi hanya untuk sejumlah perangkat genggam yang cocok saja. Sebagai tambahan lain, ada fitur berupa HDR+, Night Mode, high res panorama, object remova, dan lainnya.

Aplikasi tersebut bisa diunduh dalam versi lengkap melalui tautan ini. Harganya 3,99 dollar AS atau sekitar Rp 54.000.

5. Mi2raw Camera

Anda bisa mendapatkannya gratis dan aplikasi ini memang bisa memotret dengan format RAW. Sayangnya, Mi2raw kamera cuma bisa dipakai di ponsel-ponsel tertentu saja.

Beberapa diantaranya adalah Xiaomi Mi2, Mi3, LG G2, dan OnePlus One. Anda bisa mendapatkannya melalui tautan ini.

Satu hal yang perlu dicatat, aplikasi ini tidak akan bisa dibuka sama sekali jika ponsel yang Anda gunakan ternyata tidak mendukungnya.
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor: Deliusno
Sumber: Phone Arena
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB