TAG

Satu Lagi, Gadget Terlarang di Ruang Ujian

Lembaga pendidikan mulai melarang penggunaan smartwatch dalam ujian. Mengapa?

Kamis, 17 Desember 2015 | 08:08 WIB

Macam-macam smartband dan smartwatch
Jam tangan pintar mulai dipandang negatif di dunia pendidikan. Perangkat berjenis ini diduga dapat digunakan oleh para pelajar untuk berbuat curang selama ujian berlangsung.

Oleh karena itu, beberapa lembaga pendidikan di dunia memutuskan untuk melarang penggunaan arloji pintar selama ujian.

Salah satu lembaga yang menyatakan pelarangan tersebut adalah Kyoto University asal Jepang. Larangan itu sendiri sudah akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, tepatnya pada awal 2016 saat ujian masuk perguruan tinggi tersebut berlangsung.

Uniknya, pelarangan tersebut tersebut berlaku untuk semua jenis jam, baik jam tangan pintar maupun arloji biasa. Pasalnya, sebagaimana Nextren rangkum dari Slashgear, Rabu (16/12/2015), para pengawas ujian dijamin akan kesulitan untuk membedakan kedua jenis jam tangan tersebut.

Lantas, agar ujian berlangsung adil, pihak Kyoto University akhirnya memutuskan untuk melarang semua penggunaan jam tangan selama ujian.

Jika pengguna benar-benar ingin melihat waktu, harus menggunakan cara konvensional, yakni melihat jam dinding yang terpasang di ruangan.

Satu hal yang harus ditekankan, aturan ini diadakan agar ujian berjalan secara adil. Bukannya untuk menuduh semua pengguna smartwatch akan melakukan tindakan curang.

Kyoto University sendiri merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Jepang yang mengeluarkan pelarangan jam tangan ini.

Sebelumnya, University of New South Wales juga sudah memberikan peraturan seperti ini. Bagi peserta ujian yang masuk ke ruangan dengan perangkat wearable, harus memasukkannya ke sebuah tas dan menaruhnya di bawah bangku selama ujian.
Penulis: Deliusno
Editor: Wicak Hidayat
Sumber: Slash Gear
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB