TAG

"Hoverboard" Dilarang Naik Pesawat Singapore Airlines

Maskapai Singapore Airlines resmi melarang penumpangnya membawa gadget hoverboard ke dalam pesawat, baik di kabin maupun di bagasi. Apa sebabnya?

Senin, 21 Desember 2015 | 14:31 WIB

ilmfeed.com Skuter listrik roda dua yang bisa berjalan sendiri, seperti dinaiki oleh pria dalam video
Maskapai Singapore Airlines resmi melarang penumpangnya membawa gadget hoverboard ke dalam pesawat, baik di kabin maupun di bagasi.

Pemberitahuan tersebut diposting di website resmi Singapore Airlines pada Minggu, (20/12/2015).

"Singapore Airlines tidak lagi membolehkan penumpang membawa peranti transportasi pribadi berbaterai lithium yang umum disebut hoverboard, baik sebagai bagasi atau dibawa ke dalam kabin, efektif mulai 21 Desember 2015 demi alasan keselamatan," demikian tulis Singapore Airlines.

Dikutip Nextren dari Mashable, Senin (21/12/2015), selain hoverboard, maskapai berbasis Singapura itu juga menambah solowheel dan airwheel ke dalam daftar cekal.

Singapore Airlines menjadi salah satu maskapai yang melarang hoverboard di dalam kabinnya, menyusul banyak kasus baterai hoverboard yang terbakar atau meledak saat berada di dalam pesawat.

Baterai lithium selama ini memang menjadi salah satu barang yang dianggap berbahaya yang perlu penanganan khusus (dangerous goods).

Sementara hoverboard sudah dilarang di beberapa maskapai dunia, seperti British Airways, Virgin America, Alaska Airlines, JetBlue, Delta, American dan United.

Banyak maskapai yang kini masih mengizinkan penumpangnya membawa powerbank, namun beberapa maskapai juga mensyaratkan mereka membawanya di tas jinjing yang dibawa ke dalam kabin (bukan bagasi), agar lebih mudah dimonitor.

Alasan keamanan juga menjadi salah satu yang dipakai oleh Kantor Pos AS (US Postal Service) mengirimkan hoverboard via jalur darat, bukan lewat udara.

Meski salah kaprah karena sebenarnya tidak "mengapung" (hovering), hoverboard sendiri adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada alat transportasi beroda dua yang dinaiki dengan cara berdiri.

Alat yang banyak dijual oleh berbagai produsen ini bisa menyeimbangkan diri dan berjalan secara otomatis. Hoverboard menjadi populer setelah dipakai oleh sejumlah selebriti seperti Jamie Foxx, Chris Brown, dan Justin Beiber.
Penulis: Reska K. Nistanto
Editor: Oik Yusuf
Sumber: Mashable
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB