TAG

Helm Pintar Ini Bisa Tampilkan Kecepatan di Kaca

BMW memamerkan inovasi helm pintarnya dengan teknologi head-up display (HUD) yang diharapkan masuk ke pasar ritel dalam beberapa tahun mendatang.

Kamis, 7 Januari 2016 | 15:05 WIB

BMW Helm pintar BMW
BMW memamerkan inovasi helm pintarnya di ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, 6-9 Januari 2016. Produsen asal Jerman itu memamerkan helm dengan teknologi head-up display (HUD) yang diharapkan masuk ke pasar ritel dalam beberapa tahun mendatang.

HUD adalah tampilan tambahan yang menayangkan berbagai informasi yang diinginkan seperti kecepatan, rpm, bahkan info lalu lintas sampai GPS.

Dikutip Nextren dari KompasOtomotif, Kamis (7/1/2016), teknologi seperti ini sudah banyak diterapkan pada mobil, misalnya Mazda2 terbaru yang sudah punya layar HUD pada kaca untuk menunjukkan kecepatan.

Tantangannya, diakui BMW, HUD untuk helm harus tidak mengganggu pandangan rider. HUD juga harus menggantikan apa yang ditunjukkan panel instrumen ke dalam helm. Solusinya didapat, dengan menempatkan kaca kecil tembus pandang di depan mata kanan.

Kaca kecil inilah yang akan menjayikan berbagai informasi yang bisa diprogram. Hal-hal detail pun bisa ditayangkan, termasuk tekanan ban, oli, sampai bahan bakar yang tersisa.

Helm ini terintegrasi dengan komputer ini yang memroses data, termasuk speaker untuk mendengarkan petunjuk. Teknologi ini juga bisa diadaptasi dengan kamera di depan atau belakang yang bisa merekam atau bermanfaat sebagai kaca spion tambahan.

Pengontrol keseluruhan ditempatkan pada sisi kiri setang, bisa dipasang pada berbagai macam sepeda motor. Komponen-komponen itu saling terintegrasi dengan tenaga dari baterai, bisa dioperasikan selama lima jam.

BMW Helm pintar BMW
BMW Helm pintar BMW
Penulis: Reska K. Nistanto
Editor: Reza Wahyudi
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB