TAG

Akun Parodi Minimarket dan Kuliner Adu Guyonan di Twitter

Akun-akun padordi minimarket dan kuliner menjamur di Twitter menyusul popularitas @InfoIndomaret. Lucunya, mereka kerap saling berinteraksi dan beradu guyon.

Kamis, 21 Januari 2016 | 08:12 WIB

BBC Logo Twitter.

KOMPAS.com - Bermula dari @InfoIndomaret, akun-akun parodi bertema minimarket lainnya bermunculan di Twitter. Pantauan Nextren, tak kurang dari sebelas akun parodi menyusul setelah @InfoIndomaret viral di jagat maya.

Masing-masing adalah @updateSevel, @BeritaCircleK, @LawsonStation_, @BrightStoreInfo, @InfoCarrefour, @InfoRanchMarket, @AlfamartToko, @SiAlfaMidi, @Giant_Swalayan, @ministop_ID, dan @RamayanaRame.

Belakangan @InfoRanchMarket dan @AlfamartToko tak lagi eksis di Twitter. Padahal dua akun tersebut termasuk yang paling gencar mengkicaukan guyonan-guyonan menggelitik.

@InfoRanchMarket diduga menghapus sendiri akunnya atau mengganti nama ID. Sebab, nama akun tersebut benar-benar lenyap tak bersisa.

Sementara itu, @AlfamartToko tampaknya dilaporkan sebagai spam oleh pihak tertentu. Ketika mencari akun tersebut, netizen bakal mendapat pemberitahuan bahwa akun telah ditangguhkan (suspended).

Adu kicau

Tak jelas siapa yang tega meniadakan @AlfamartToko dari jagat Twitter. Yang jelas, beberapa saat lalu @AlfamartToko sempat beradu kicau dengan @InfoIndomaret terkait "celana dalam".

"Alfamart punya celana dalam sendiri, Indomaret nggak,” kata admin @AlfamartToko.

Tak terima, @InfoIndomaret pun membalas dengan menyertakan foto celana dalam bermerek Indomaret.

"@AlfamartToko kalau apa-apa tuh gugling dulu," kata sang admin. Twitwar keduanya diramaikan komentar-komentar netizen lainnya.

Ada yang semakin memanaskan suasana, ada pula yang mendinginkan. Tapi semuanya tetap berada di bawah "payung canda".

Guyon kuliner

Terlepas dari polemik antar sesama akun parodi dengan berbagai guyonan yang membalutnya, fenomena ini membuktikan latahnya netizen Twitter Indonesia.

Terlebih dalam urusan berkelakar, netizen Indonesia bisa dibilang sigap, responsif, dan reaktif. Tak hanya lewat fenomena akun parodi minimarket, namun juga lewat meme dan komik yang selalu setia menyertai beragam peristiwa yang terjadi di tanah air.

Kembali ke akun parodi, setelah hampir semua minimarket dibuatkan akun tak serius, netizen berekspansi ke waralaba kuliner. Setidaknya ada tujuh akun parodi kuliner yang aktif berguyon.

Mereka adalah @KFCAyamnyaJago, @AyamSabanna, @SetarbaksKopi, @infomekdi, @DonatJeko, @DunkinDonatss, dan @infoPizzaHut.

Saling menyapa dan menyindir

Nuansa guyonan kurang lebih setipe dengan akun-akun parodi minimarket, yakni merepresentasikan keseharian para pegawai di masing-masing gerai.

"Buset si januri istirahat lama bener. Jajan mulu dia," kata admin @KFCAyamnyaJago.

"Saos tomat hampir habis," kata admin @infoPizzaHut.

"Ada telpon rinktonnye goyang dumang di depan kasir," kata admin @KopiJeko.

Akun-akun itu juga kerap mempromosikan gerai asli yang namanya mereka pakai berguyon.
"Donat maupun lu simpen di kulkas dua hari ga marah, coba istri lu digituin bisa-bisa ditusuk dah," kata admin @DunkinDonatss.

Sekali waktu, mereka juga bakal bercengkrama dengan akun-akun parodi lainnya. Baik sekadar bertegur sapa, maupun saling sindir.

"Mas @BarackObama abis makan siang di tempat kita. Cc: @KFCAyamnyaJago @AyamSabanna @InfoIndomaret @InfoCarrefour," kata admin @infomekdi.

"Toko kita cabang Depok kebobolan maling, banyak jejak tepung di TKP, pasti si @KFCAyamnyaJago pelakunya," kata @DunkinDonatss.

"Ada kastemes kedinginan & minta AC nya di matiin, ya elah mas, kalo gak kuat sama AC, makan di @AyamSabanna aje, disana cm pake kipas godek," kata admin @KFCAyamnyaJago.

Setelah ini, apa lagi ya akun-akun parodi yang bakal bermunculan?

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Oik Yusuf
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB