TAG

Garpu "Pintar" Bikin Makanan Hambar Jadi Lezat

Tim peneliti Jepang telah menemukan teknologi solutif untuk pejuang diet yang pantang mengkonsumsi garam. Mereka membuat "garpu pintar" untuk menciptakan "rasa virtual".

Rabu, 27 Januari 2016 | 08:56 WIB

OddityCentral Garpu pintar ini bisa membuat lidah merasakan garam tanpa harus membubuhi garam pada makanan
Salah satu pantangan utama program diet adalah garam. Senyawa tersebut terbukti mengikat dan menimbun lemak dalam tubuh.

Di lain sisi, garam adalah penguat rasa makanan paling familiar dan ekonomis. Bukan cuma sayur, semua makanan juga bakal hambar tanpa sentuhan garam.

Lalu, bagaimana nasib para pejuang diet? Haruskah mereka terus tersiksa tanpa garam?

Tidak juga. Tim peneliti Jepang telah menciptakan solusi berteknologi canggih untuk mengatasi dilema tersebut, sebagaimana dilaporkan OddityCentral dan dihimpun Nextren, Selasa (26/1/2016).

Peneliti menggunakan baterai 9 Volt untuk mengaliri listrik ke indera pengecap manusia agar merasakan garam. Mediumnya melalui garpu atau sumpit. Aliran listrik ini ternyata bisa membikin makanan terasa asin, seolah dibubuhi garam.

Sederhananya, "garpu pintar" yang dinamai "Augmented Gustation" membuat penggunanya merasakan khasiat garam pada makanan tanpa benar-benar membubuhi makanan dengan garam. Kadar garam pun dapat disetel sesuai selera.

"Kami sedang mencoba menciptakan rasa virtual," kata perwakilan peneliti Hiromi Nakamura.

Pengguna "garpu pintar" cukup menekan tombol on saat menusuk makanan yang bakal dilahap. Tombol lalu bisa digeser ke atas untuk menambah kadar "garam virtual".

Semakin tinggi arus listrik, semakin asin pula rasa makanan. Aliran listrik si garpu pintar masih termasuk kecil sehingga tidak berbahaya untuk tubuh.

Setelahnya, cukup masukkan makanan itu ke mulut seperti cara makan biasanya.

"Garpu bekerja on/off. Saat mengambil makanan, sirkuit menyala. Ketika mencabut garpu dari mulut, aliran listrik pun terputus," Nakamura menjelaskan.


Berawal sejak 2012

Nakamura dan timnya pertama kali mengembangkan "garpu pintar" pada 2012. Sejak saat itu, Nakamura makan menggunakan alat tersebut.

Ke depan, Nakamura belum berencana memproduksi "garpu pintar" secara massal. Ia masih ingin terus bereksperimen dengan teknologi dan rasa makanan.

Ia ingin "garpu pintar" tak hanya memberi rasa asin dari garam, tapi juga manis, pedas, asam, dan rasa-rasa kombinasi lainnya.

"Kami bisa bikin Tastecloud, sebuah situs di mana semua orang bisa mengunggah rasa makanan. Orang-orang juga bisa mengedit rasa dengan software, seperti mengedit musik," ia menuturkan.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Oik Yusuf
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB