TAG

Olympus PEN-F, Kamera Canggih Berdesain Retro

Olympus resmi meluncurkan kamera seri PEN-F dengan rancangan desain mirip kamera jadul, namun dilengkapi dengan fitur-fitur mutakhir.

Sabtu, 30 Januari 2016 | 15:19 WIB

Peta Pixel Kamera Olympus PEN-F
Olympus resmi meluncurkan kamera mirrorless PEN-F. Bentuknya mirip dengan kamera jadul bernama serupa, namun bedanya, seri baru ini dilengkapi dengan berbagai teknologi mutakhir.

Kamera tersebut memiliki sensor Live CMOS Micro Four Thirds berketajaman 20 megapiksel, tanpa low-pass filter, dengan rentang ISO 80 hingga 25600. Sensor ini dipasangkan  dengan sistem stabilisasi gambar yang diklaim bisa memberikan kompensasi kecerahan hingga 5 stop.

Sebagaimana dilansir Nextren dari PetaPixel, Jumat (29/1/2016), Olympus juga membekali PEN-F dengan fitur High Res Shot yang dapat memotret foto RAW resolusi 50 megapiksel. Caranya dengan menggabungkan 8 foto ke dalam satu frame.

Produsen kamera asal Jepang ini mengklaim PEN-F sebagai mirrorless dengan shutter lag tercepat, hanya sekitar 0,044 detik. Bila diatur ke mode shutter mekanik, pengguna juga bisa memotret dengan kecepatan hingga 10 frame per detik.

LCD 3 inci yang disematkan di belakang body kamera memiliki resolusi 1,37 juta dot dan dapat digerakkan ke beberapa arah. Pengguna juga bisa membidik foto menggunakan jendela bidik (viewfinder) elektronik beresolusi 2,36 juta dot.

Di bagian depan terdapat sebuah tombol baru yang disebut sebagai Creative Dial yang berfungsi untuk mengatur mode pemotretan, seperti foto warna atau hitam putih. Sedangkan di bagian atas terdapat tombol putar kompensasi eksposur.

Olympus merancang body PEN-F dari bahan magnesium, sementara dial dibuat dari aluminium. Kamera ini sudah bisa ditebus dengan harga 1.200 dollar AS atau setara Rp 16,4 juta.
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor: Reska K. Nistanto
Sumber: PetaPixel
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB