TAG

6 Aplikasi Gratis Pengirit Baterai Android

Smartphone Android sering kehabisan daya di saat kritis? Enam aplikasi penghemat baterai ini bisa dicoba untuk memperpanjang masa pakai perangkat.

Kamis, 18 Februari 2016 | 16:16 WIB

ist Ilustrasi baterai ponsel

Dengan aneka fungsi canggih di dalamnya, smartphone Android telah menjadi alat praktis nan serba guna untuk memenuhi berbagai keperluan. Konsekuensinya, pemakaian baterai pun menjadi boros.

Memang, banyak fasilitas yang tersedia untuk mengisi baterai saat sudah hampir habis, seperti powerbank atau colokan listrik di kafe, tapi ini tak selalu praktis.

Nah, untuk menjaga baterai perangkat agar bisa bertahan selama mungkin sebelum repot mencari charger, pengguna Android bisa mencoba 6 aplikasi berikut, seperti dirangkum Nextren dari Cnet.

1. Greenify

Oasis Feng Screenshot aplikasi Greenify


Alih-alih mematikan aplikasi untuk menghemat baterai, Greenify mangatur aneka program yang berjalan di Android agar memasuki mode hibernasi.

Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin dihibernasikan agar tak menghalangi kerja program penting seperti alarm atau messaging.

Ponsel pun membutuhkan lebih sedikit daya untuk “membangunkan” aplikasi yang berhibernasi, ketimbang memanggillnya kembali dari awal.

Bagi pengguna Android 6.0 Marshmallow, Greenify menyediakan fitur-fitur khusus yang mendompleng fungsi “Doze” penghemat daya dari sistem operasi tersebut.

Fitur-fitur khusus Marshmallow ini termasuk Agrresive Doze akan membuat ponsel memasuki mode hibernasi dalam beberapa menit setelah tak lagi dipakai, juga Shallow Hibernation untuk menghentikan sementara (suspend) background process tanpa mematikannya.

2. Go Battery Saver & Power Widget

Go Launcher EX Screenshot Aplikasi GO Battery Saver & Power Widget


Aplikasi yang satu ini menawarkan penghematan daya yang beragam dan bisa dipilih. Pengguna bisa mengaktifkan sejumlah preset untuk mengirit daya hingga tingkatan paling ekstrim.

Selain itu, disediakan juga pilihan untuk membuat custom mode untuk mengatur sendiri penghematan baterai apa saja yang akan dilakukan.

Go Battery Saver & Power Widget memonitor aplikasi untuk menemukan mana di antaranya yang paling memboroskan baterai.

Ada pula sebuah widget di homescreen yang bisa digunakan sebagai shortcut, lengkap dengan opsi membeli skin tambahan untuk aplikasi.

3. Avast Battery Saver

Avast Software Avast Battery Saver


Avast, sang pembuat antivirus, turut menawarkan aplikasi penghemat daya Android yang mampu memprediksi dengan akurat kapan baterai ponsel akan habis.

Di dalamnya ada berbagai fitur yang bisa dipakai untuk mengatur aspek-aspek perangkat seperti Wi-Fi, kecerahan layar, sinkronisasi data, dan vibration yang bisa memboroskan baterai.

Ada empat preset (Home, Work, Night, dan Super-Saving Emergency Mode) yang bisa dipilih dan diatur kembali sesuai dengan kebutuhan.

Avast Battery Saver bisa pula diatur agar berganti preset penggunaan daya secara otomatis sesuai dengan pergantian situasi ponsel, misalnya ketika berganti Wi-Fi network dari jaringan kantor ke jaringan rumah.

4. DU Battery Saver & Phone Charger

Du Apps Studio Screenshot aplikasi Du Battery Saver

Bukan cuma tampilan yang cantik, apliikasi berkonsep simpel ini pun menyediakan aneka setting dan shortcut untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya perangkat.

Du Battery Saver & Phone Charger bisa melihat aplikasi mana yang boros daya, serta mana yang bisa dimatikan tanpa mempengaruhi kinerja.

Selain versi yang bisa diperoleh secara cuma-cuma di Google Play, ada juga model berbayar seharga 3 dollar AS yang menjanjikan penghematan daya hingga 70 persen lebih tinggi lewat fitur-fitur tingkat lanjut seperti membersihkan background process yang tidak penting.

5. Green Battery Saver & Manager

Battery Aid Screenshot aplikasi Green Battery Saver & Manager

Sebelumnya dikenal dengan nama Battery Aid, Green Battery Saver & Manager memberikan beberapa opsi untuk menambah masa pakai perangkat hingga beberapa jam lebih lama.

Ia bisa mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan koneksi data secara otomatis saat tidak dipakai, atau dalam waktu tertentu yang disetel sebelumnya.

Selain itu, Green Battery Saver & Manager dapat diatur agar membatasi rentang waktu sinkronisasi data e-mail, foto, musik, ataupun buku-buku digital agar ponsel tak terus menerus berupaya mengirim dan menerima data.

Versi gratis aplikasi ini menyediakan shortcut ke berbagai pengaturan ponsel seperti kecerahan layar. Versi berbayarnya menghadirkan beberapa fitur tambahan seperti statistik baterai dan menghilangkan iklan yang mengganggu.

6. Battery Optimizer: Clean Daily

McAfee (Intel Security) Aplikasi Battery Optimizer: Clean Daily


Terakhir, ada aplikasi bikinan McAfee (Intel Security) yang tak hanya didesain untuk menghemat baterai perangkat Android, namun juga melakukan optimalisasi memory dan storage.

Battery Optimizer: Clean Daily mampu membersihkan RAM, membersihkan media penyimpanan internal dari aneka junk file yang tak terpakai, serta mengatur konsumsi daya perangkat berdasarkan besarnya kapasitas baterai yang tersisa.

Ada pula  kemampuan untuk memonitor konsumsi data bulanan agar tak melebihi kuota, serta tombol “Quick Boost” untuk mengoptimalkan kinerja dan baterai perangkat dengan satu kali klik.

Ke semua aplikasi di atas bisa diperoleh secara gratis lewat Google Play Store dengan mengunjungi tautan yang tersedia.
Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reza Wahyudi
Sumber: CNET
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB