TAG

Microsoft Caplok Startup Pengembang "Tools" Aplikasi Mobile

Microsoft sedang getol mengakuisisi perusahaan aplikasi mobile. Setelah Wunderlist, Acompli, dan Talko, kini giliran Xamarin yang diakuisisi Microsoft.

Senin, 29 Februari 2016 | 09:09 WIB

ist Logo Xamarin dan Microsoft Windows.
Microsoft sedang getol mengakuisisi perusahaan aplikasi mobile. Setelah Wunderlist, Acompli, dan Talko, kini yang paling baru Microsoft mengakuisisi perusahaan startup pembuat aplikasi mobile Xamarin.

"Dengan akuisisi ini, tools developer kami akan terintegrasi lebih mendalam, dan memberikan pengalaman pengembangan aplikasi mobile yang mudah," kata Scott Guthrie, Executive Vice President of Microsoft’s Cloud and Enterprise Group.

Kombinasi Xamarin, Visual Studio, Visual Studio Team Services, dan Azure diyakini oleh Guthrie bisa memberikan solusi pengembangan aplikasi yang dibutuhkan semua pengembang untuk membuat, menguji, dan mendistribusikan aplikasi mobile untuk semua perangkat.

"Kami tak sabar menunggu aplikasi apa yang bisa Anda buat dengannya," ujar Guthrie seperti dikutip Nextren dari Venture Beat, Jumat (26/2/2016).

Akuisisi ini sangat penting bagi Microsoft di tengah usahanya membawa aplikasi-aplikasi mobile Microsoft ke platform lain, seperti Android dan iOS.

Microsoft memang telah mendukung pemrograman Apache Cordoba untuk mengubah bahasa pemrogramannya ke platform Android dan iOS, namun dengan bergabungnya Xamarin, maka langkah untuk membuat aplikasi berbasis iOS dan Android bisa dipercepat lagi.

Xamarin sendiri telah menjadi rekan Microsoft sejak lama. Tools buatan Xamarin bahkan telah mendukung Microsoft Visual Studio, Azure, Office 365, dan Enterprise Mobility Suite.

Xamarin yang berdiri sejak 2011 hingga kini diklaim memiliki lebih dari 15.000 pelanggan. Meski masih disebut sebagai "startup" alias perusahaan rintisan, CEO Xamarin Nat Friedman pernah mengatakan perusahaannya memiliki revenue puluhan juta dollar AS per tahun.

Pada 2014, Xamarin mendapatkan pendanaan 54 juta dollar AS dari investor Charles River Ventures, Floodgate, Ignition Partners, Insight Venture Partners, dan Lead Edge Capital.

Tidak dijelaskan lebih detil tentang nilai akuisisi Microsoft terhadap Xamarin ini.
Penulis: Reska K. Nistanto
Editor: Oik Yusuf
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB