TAG

"Jeroan" Xbox Bakal Bisa Dibongkar Pasang?

Phil Spencer, petinggi divisi Xbox, mengungkapkan kemungkinan pengguna untuk melakukan upgrade hardware secara mandiri.

Jumat, 4 Maret 2016 | 08:56 WIB

iFixit Xbox One
Di masa datang, konsol Xbox One kemungkinan bakal mendapatkan sebuah fitur yang berupa upgrade spesifikasi ala PC dengan cara bongkar pasang hardware.

Seperti diketahui, pengguna PC memang memiliki kebebasan untuk memperbarui hardware perangkatnya, entah itu dengan mengganti prosesor, kartu grafis, atau menambah RAM.

Kemungkinan tersebut diutarakan langsung oleh Phil Spencer, pimpinan divisi Xbox, dalam acara Xbox Spring Showcase beberapa waktu lalu.

"Konsol 'mengunci' platform hardware dan software di awal dari generasi. Kemudian, kamu menjalani generasi tersebut selama 7 tahun atau lebih, sementara ekosistem lain semakin baik, cepat, dan kuat," kata Spencer, sebagaimana Nextren rangkum dari Polygon, Kamis (3/3/2016).

"Dan kemudian kamu menunggu untuk fungsi langkah besar berikutnya," lanjutnya.

Spencer berkata bahwa pemilik Xbox One bisa saja ditawarkan dengan peningkatan hardware, yang mengizinkan sebuah konsol untuk tetap bersaing dengan teknologi yang ada di masa depan.

Strategi tersebut juga dikatakan bisa saja mengakhiri peluncuran dari sebuah konsol baru.

"Kita dapat secara efektif merasa sedikit lebih seperti yang kita lihat di PC, di mana saya bisa kembali menjalankan Doom dan Quake versi lama yang biasa saya mainkan beberapa tahun lalu, tetapi tetap dapat melihat (memainkan) game 4K saat diluncurkan," tutur Spencer.

"Inovasi hardware berlanjut, sementara inovasi software tetap dapat mengambil manfaat dan saya tidak harus melompat ke sebuah generasi dan kehilangan yang saya mainkan sebelumnya," imbuhnya.

Teknologi yang ada saat ini memang tidak memungkinkan sebuah konsol untuk memainkan game dari konsol sebelumnya. Sebagai gambaran, konsol PlayStation 4 tidak bisa menjalankan blu-ray game PlayStation 3 karena perbedaan arsitektur.

Begitu juga dengan Xbox One. Konsol tersebut tidak bisa menjalankan game lawas dari konsol Xbox 360 dan Xbox versi pertama.

Nah, apabila teknologi baru ini jadi terlaksana, seseorang bisa saja tetap memainkan game lawas tanpa harus berganti perangkat.

Konsol juga tetap bisa mengikuti teknologi yang ada karena dilengkapi kemampuan untuk berganti hardware.

Sayangnya, Spencer masih belum bisa memberikan banyak detail mengenai rencana pengaplikasian teknologi tersebut. Masih belum diketahui kapan kemampuan upgrade hardware ini bakal terjadi.
Penulis: Deliusno
Editor: Oik Yusuf
Sumber: Polygon
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB