TAG

Cerita di Balik 21 Jam Tumbangnya Path

Path sudah bisa diakses sejak Jumat (4/3/2016) kemarin. Namun, pengguna tentu ingin tahu alasan layanan tersebut sempat tumbang hingga 21 jam. Begini penjelasan Path.

Minggu, 6 Maret 2016 | 12:13 WIB

Path.com Path umumkan sedang mengalami gangguan di websitenya, Kamis (3/3/2016).

Setelah tumbang sekitar 21 jam, Path akhirnya kembali bisa diakses mulai Jumat (4/3/2016) siang. Namun, beberapa pengguna masih penasaran musabab gangguan yang memakan waktu lama tersebut.

Path pun menjelaskan lewat blog resminya, sebagaimana dikutip Nextren, Minggu (6/3/2016). Menurut jejaring sosial berlogo "P", ada gangguan pada server layanannya.

"Gangguan terjadi karena masalah tak terduga pada database server kami," begitu yang tertulis. Namun, Path tak menjabarkan lebih lanjut ihwal masalah tak terduga yang dimaksud.

Sebelumnya, terdengar rumor bahwa server Path telah diretas. Kabar dari mulut ke mulut itu santer beredar dari "grup sebelah" layanan instant messaging BBM dan WhatsApp.

Namun, Path buru-buru menampiknya. Layanan tersebut berdalih bahwa informasi sahih tentang Path hanya ada di akun Twitter resminya @Path dan @PathService. "Selain itu, informasinya salah," ujar perwakilan Path.

Dengan ini, Path membenarkan ada gangguan pada server-nya, yang secara spesifik menaungi database pengguna. Akan tetapi, Path menolak disebut telah diretas.

Diketahui, gangguan Path pertama kali terjadi sekitar Rabu pukul 19.00 WIB, dua hari lalu. Alih-alih memunculkan lini masa teranyar, Path malah tak merespons.

Sistem aplikasi kemudian meminta pengguna melakukan log-in ulang. Tetapi, apa daya, pengguna jadi benar-benar tak bisa masuk sekalipun password dan e-mail sudah benar.

Gangguan ini menghebohkan jagat maya. Pengguna Path mengeluh lewat platform media sosial lain. Hal ini pun jadi bahan sindiran dari berbagai penjuru.

Meski begitu, toh sekarang Path sudah pulih. Jika masih ada pengguna yang akunnya mengalami gangguan, Path mengimbau agar melapor via e-mail ke service@path.com.

"Kami serius menangani masalah ini. Kami berdedikasi untuk menyalurkan pengalaman terbaik bagi pengguna dari hari ke hari," kata Path.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Reza Wahyudi
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB