TAG

Pengguna Instagram Antusias Unggah Foto Gerhana Matahari

Gerhana matahari total (GMT) yang jatuh hari ini, Rabu (9/3/2016), disambut antusiasme warga media sosial. Di Instagram, unggahan foto dan video menit ke menit GMT membanjiri linimasa.

Rabu, 9 Maret 2016 | 20:24 WIB

Instagram Unggahan Gerhana Matahari Total oleh netizen Instagram

Hari ini, Rabu (9/3/2016), Gerhana Matahari total (GMT) kembali melintasi Indonesia. Peristiwa itu disambut antusiasme masyarakat lokal maupun turis mancanegara.

Bagaimana tidak, momen yang sama baru akan terjadi lagi pada 20 April 2042 atau 26 tahun dari sekarang. Netizen pun tak lupa mengabadikan momen langka ini dan membaginya ke jagat maya.

Di Instagram, antusiasme serupa juga terjadi. Unggahan foto dan video menit ke menit GMT membanjiri linimasa. Menggulir ke bawah, para Instagramer berlomba-lomba menyuguhkan foto terbaik untuk para pengikut masing-masing.

Beberapa tanda pagar (tagar) bisa dicek untuk melihat lebih banyak foto-foto GMT di Instagram, antara lain #gerhanamatahari, #GMT2016, #gerhanamataharitotal, dan #gmt

Instagram Unggahan Gerhana Matahari Total oleh netizen Instagram

Antusiasme turut ditunjukkan artis Dian Sastrowardoyo. Ia mengunggah foto gerhana matahari pada fase setengah tertutup lewat akun Instagram personalnya, @therealdisastr. Hasilnya menyerupai bulan sabit.

"Gerhana Matahari setengah melalui pin hole buatan saya," begitu keterangan foto, sebagaimana dikutip Nextren.

Instagram Unggahan Gerhana Matahari Total oleh Dian Sastrowardoyo via Instagram
Diketahui, pin hole (proyeksi lubang jarum) merupakan salah satu alat untuk melindungi mata saat menyaksikan GMT. Selain dengan pin hole, GMT juga aman dilihat dengan menggunakan rol film untuk foto, bekas foto rontgen, dan kacamata dengan kemampuan mengurangi cahaya 100.000 kali lipat.

Tak cuma netizen Instagram, para pengguna Twitter, Path, dan Snapchat pun turut meramaikan linimasa dengan foto-foto GMT. Mereka juga menceritakan pengalaman melihat GMT dari kota masing-masing.

Sebagai informasi, Gerhana Matahari total sudah beberapa kali terjadi di wilayah Indonesia sebelum 2016. Masing-masing pada 24 Oktober 1995, 18 Maret 1988, 22 November 1984, dan 11 Juni 1983.

Sampai jumpa tahun 2042!

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Oik Yusuf
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB