TAG

Java di Android Bikin Google Terancam Denda Ratusan Triliun

Oracle menuntut sejumlah besar ganti rugi dari Google atas Java yang dipakai karena raksasa internet itu buru-buru hendak membuat Android.

Kamis, 31 Maret 2016 | 11:54 WIB

Wicak Hidayat/KompasTekno Patung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California.


Enam tahun lalu, Oracle mengajukan gugatan hukum terhadap Google lantaran raksasa internet tersebut dipandang memakai sejumlah API dari platform Java tanpa izin di sistem operasi Android.

Oracle  berencana menuntut ganti rugi sejumlah 9,3 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 124 triliun dalam persidangan selanjutnya yang akan dilangsungkan pada 9 Mei mendatang.

Angka tersebut 10 kali lebih besar dibandingkan nilai ganti rugi yang diminta Oracle dalam persidangan sebelumnya. Mengapa bisa begitu?

Informasi yang dihimpun Nextren dari PC World, menyebutkan bahwa nilai kompensasi yang diminta oleh Oracle mengalami penggelembungan karena turut menghitung profit sistem operasi Android yang popularitasnya kian menanjak dalam beberapa tahun terakhir.

Rinciannya, sebanyak 475 juta dollar AS diminta sebagai ganti rugi atas teknologi yang dipakai tanpa izin, sisanya sebanyak 8,83 miliar dollar AS diminta dari profit yang dihasilkan Google melalui Android.

Oracle menuding bahwa Google dulu terburu-buru memasarkan sistem operasi Android sebelum platform saingan bisa menguasai pasar.

Alhasil, platform Java pun dicomot tanpa permisi lantaran Google memandang jutaan programer sudah menguasai bahasa pemrograman tersebut sehingga tak perlu belajar lagi untuk mengembangkan OS Android.  

Jumlah 9,3 miliar dollar AS berasal dari kalkulasi seorang pakar yang khusus disewa Oracle untuk menghitung berapa banyaknya kerugian dan kompensasi yang harus diminta dari Google.

Di lain pihak, Google telah melakukan kalkulasinya sendiri dan menyimpulkan bahwa besarnya ganti rugi yang harus dibayarkan tak lebih dari 100 juta dollar AS.  

Oracle sebenarnya bukan pencipta asli dari Java. Platform itu dibikin oleh Sun Microsystems yang diakuisisi oleh Oracle pada awal 2010. Tak lama setelahnya, Oracle melancarkan gugatan pada Google karena dipandang melanggar copyright Java.

Google bersikukuh bahwa penggunaan API Java tercakup dalam aturan fair use yang membolehkan penyalinan dalam batas tertentu dari sebuah materi yang dilindungi hak cipta.

Menurut Google, ke-37 API yang dituduhkan telah dipakai tanpa izin hanya merupakan sebagian kecil dari codebase Android secara keseluruhan.

Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reza Wahyudi
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB