TAG

Snapchat Terbaru Bisa "Video Call" Sambil Chatting dan Kirim Stiker

Snapchat memperbarui layanan "Chat" ke "Chat 2.0". Tak melulu berformat teks, pengguna bisa video chatting seperti Skype, maupun audio calling layaknya menelpon biasa.

Kamis, 31 Maret 2016 | 13:34 WIB

Snapchat Snapchat

Selama ini, kemewahan Snapchat semata-mata terletak pada kemampuan berbagi foto dan video. Tak heran jika layanan tersebut gencar meluncurkan filter-filter baru yang menggemaskan untuk melengkapi keseruan berbagi konten visual.

Sementara itu, kemampuan chatting di Snapchat terkesan dianaktirikan. Mungkin fitur tersebut sengaja dijadikan pelengkap, bukan yang utama. Toh, sudah ada WhatsApp, Line, dan Facebook Messenger yang kiprahnya lebih membumi.

Mulai Rabu (30/3/2016), persepsi tersebut bisa jadi tak lagi berlaku. Pasalnya, Snapchat baru saja memperbarui fitur "Chat" menjadi "Chat 2.0".

Pengguna lebih bebas berkomunikasi personal dengan cara yang mereka inginkan. Tak cuma dengan format teks, namun juga audio dan video.

Saat melakukan video call, pengguna bisa sambil chatting dengan teks dan mengirimkan stiker. Snapchat menyadiakan 200 stiker baru untuk mendukung kemampuan ini.

Hal tersebut juga bisa dilakukan ketika melakukan audio call. Sembari mendengar suara lawan bicara di ujung sana, pengguna bisa berbagi teks dan stiker.

Yang paling penting, transisi maupun kombinasi semua bentuk komunikasi tersebut (teks, audio, video) bisa dilakukan dalam sekali tekan (tap).

"Anda bisa berkomunikasi maya namun terasa nyata. Kami telah merancang desain chatting seperti ini dalam waktu cukup lama," begitu tertulis pada situs resmi Snapchat sebagaimana dihimpun Nextren.

Untuk merasakan pengalaman chatting dengan Chat 2.0, pengguna harus memperbarui aplikasi ke versi teranyar melalui Apple App Store maupun Google Play Store.

Cara "main" Snapchat terbaru

Setelahnya, saat masuk ke kolom chatting, pengguna akan melihat empat ikon di sisi bawah laman. Ada ikon "image", "telephone", "video", dan "sticker". Semuanya berfungsi untuk membagi konten dan melakukan chatting lintas format.

Snapchat Snapchat luncurkan Chat 2.0

Anda bisa menelepon teman dengan menekan ikon "telephone". Jika teman sedang tak online atau terlalu sibuk untuk mengangkat telepon, Anda bisa mengirimkan voice notes dengan menekan lama ikon "telephone".

Mekanisme serupa juga bisa dilakukan ketika ingin mengajak teman video chatting layaknya di Skype. Pengguna cukup menekan lama ikon "video" untuk mengirimkan video singkat.

Teman harus menekan video singkat yang mirip GIF tersebut untuk terhubung dengan Anda. Jika ia sedang sibuk, video tersebut akan tertinggal sebagai GIF semata.

Jika ia menekan GIF tersebut, kalian akan terhubung dan bisa memulai video chatting. Sembari berhadap-hadapan via layar, Anda bisa juga mengirimkan teks, foto dari galeri, atau stiker.

Kemampuan Chat 2.0 ini sekaligus membedakan Snapchat dengan layanan instant messaging lainnya. Jika WhatsApp dikenal anti-ruwet, Line dikenal dengan stiker-stiker lucunya, dan Facebook Messenger yang menyasar komunikasi bisnis, maka Snapchat Chat menawarkan fleksibilitas berkomunikasi layaknya dunia nyata.

Selamat mencoba!

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Reza Wahyudi
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB