TAG

Setiap Hari, 10 Miliar Video Ditonton di Snapchat

Netizen makin gandrung membuntuti kehidupan orang lain lewat foto atau video keseharian di Snapchat. Hanya dalam dua bulan, akses video harian Snapchat meningkat hingga dua juta.

Sabtu, 30 April 2016 | 18:01 WIB

Snapchat Snapchat

Tak kurang dari 10 miliar video ditonton di Snapchat tiap harinya. Angka itu meningkat signifikan dari 8 miliar video per hari pada Februari 2016 lalu.

Menurut media sosial berlogo hantu tersebut, lebih dari sepertiga pengguna Snapchat menciptakan Stories. Maksudnya, mereka mengunggah foto dan video kehidupan mereka selama 24 jam secara intens.

Mulai dari bangun tidur, hendak mandi, berangkat sekolah atau kuliah, bersosialisasi dengan teman, mendengarkan lagu, menonton film, makan, hingga kembali ke tempat tidur.

Mayoritas pengguna Snapchat juga lebih sering mengunggah video ketimbang foto. Layanan bernuansa kuning tersebut diklaim mengubah cara hidup remaja zaman sekarang.

Tak heran, Facebook turut masuk ke lahan Snapchat. Jejaring sosial dengan basis pengguna aktif 1,65 juta orang tersebut mulai gencar mengembangkan fitur video.

Tahun ini, fitur video langsung alias live video digadang-gadang sebagai fitur prioritas Facebook. Fitur tersebut memungkinkan pengguna berekspresi lewat konten video secara real time.

Snapchat bakal tetap unggul

Meski upaya Facebook terhitung ambisius, para analis memprediksi, Snapchat akan terus memimpin kancah media sosial berbasis video. Hal ini ditilik dari perbedaan mekanisme Snapchat dan Facebook dalam memperlakukan konten video itu sendiri.

"Pada Snapchat, percakapan tak hanya melibatkan foto dan video, tetapi justru percakapan dimulai dengan foto dan video," kata analis SunTrust Robinson Humphrey, Robert Pack, sebagaimana dilaporkan Bloomberg.

Menurut Pack, Facebook ataupun Twitter melihat video hanya sebagai pelengkap, bukan elemen utama berkomunikasi. Selain itu, kedua platform masih fokus menghitung banyaknya pengunjung dan waktu yang dihabiskan di media sosial mereka.

Atas dalih tersebut, Pack dan beberapa analis lainnya yakin, kekuatan video Snapchat tak akan dilengserkan Facebook dan Twitter. Setidaknya, proses itu tak akan mudah.

Snapchat saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian. Rata-rata dari mereka menghabiskan waktu 25 menit hingga 30 menit untuk melihat-lihat konten teman.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor: Reza Wahyudi
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB