TAG

Penjualan Lesu, Asus Bakal Stop Arloji Pintar ZenWatch?

Penjualan smartwatch Asus ZenWatch dilaporkan lesu. Pabrikan asal Taiwan itu pun dikabarkan bisa menghentikan produksinya jika kondisi tak berubah.

Selasa, 16 Mei 2017 | 16:05 WIB

Engadget Asus Zenwatch 2

KOMPAS.com - Asus merupakan salah satu pabrikan gadget yang aktif di ranah arloji pintar atau smartwatch berbasis OS Android Wear. Salah satu perangkat smartwatch Asus adalah seri ZenWatch.

Meski harganya relatif murah, di kisaran 200 dollar AS (sekitar Rp 2,6 juta), kinerja arloji-arloji pintar Asus kabarnya kurang menggembirakan di pasaran.

Keterangan sumber industri yang dirangkum oleh The Verge menyebutkan bahwa angka pengapalan semua lini Asus ZenWatch hanya berkisar 5.000 hingga 6.000 unit per bulan.

Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan Apple yang kini telah menjelma jadi pemain terbesar di industri smartwatch, dengan shipment mencapai 3,5 juta unit di tiga bulan pertama 2017, menurut data firma riset pasar IDC.

Asus pun dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menyetop produksi ZenWatch lantaran kecilnya angka pengapalan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (16/5/2017).

Apabila benar, maka boleh jadi produk arloji pintar Asus tidak akan mencapai generasi ke-4, sehingga melemahkan posisi platform Android Wear di pasaran smartwatch.

Pabrikan lain seperti Samsung diketahui telah beralih ke platform Tizen, platfomr milik Samsung sendiri untuk lini arloji pintar Gear. Sementara Motorola disinyalir telah menghentikan produksi arloji pintar Moto 360 sampai waktu yang belum jelas.

Di sisi lain, sejumlah brand fashion non-teknologi seperti Tommy Hilfiger dan Hugo Boss diketahui hendak meluncurkan produk smartwatch berbasis Android Wear 2.0.

Baca: Jam Tangan Pintar Apple Kalahkan Fitbit dan Xiaomi

Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reska K. Nistanto
Sumber: Phone Arena
COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB